Seperti Apa Sih, Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah Yang Benar

03/10/2018

Seperti Apa Sih, Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah Yang Benar

Mengecat rumah adalah cara yang paling singkat dan mudah untuk memberikan tampilan baru pada fasad rumah. Rumah bisa tampak baru seketika hanya dengan mengecat ulang dengan warna baru. Namun, dalam melakukan pengecatan di luar rumah, teknik dan persiapannya berbeda, nih coba Rooang kasih sedikit bocoran tips dan triknya. Seperti apa, tips dan trik mengecat fasad rumah yang benar dan tepat?

Tips dan trik mengecat fasad rumah dimulai dari tahap persiapan

Tips dan trik mengecat fasad rumah dimulai dari tahap persiapannya dulu ya, Sobat! Supaya tidak ada yang terlewat, jadi haru melalui tahap persiapan yang matang.

tips dan trik mengecat fasad rumah

Sumber : Mike McCann

tips dan trik mengecat fasad rumah

Sumber : Rumah

Soalnya sebaiknya saat mengecat bagian luar rumah, pastikan benda-benda seperti tanaman, instalasi AC, kabel, antena, dan alat kelistrikan lain jauh dari jangkauan. Hal ini untuk memaksimalkan proses pengecatan hingga dapat menjangkau semua bagian. Bila letak benda tersebut cukup menghalangi proses pengecatan dan tak bisa dipindahkan, maka bungkuslah dengan plastik atau kertas koran agar cat tidak mengenai benda-benda itu.

Kenali dulu tipe dinding permukaan fasad hunian kamu

Ada beberapa tipe atau jenis permukaan dinding bagian luar fasad hunian. Biasanya sih,  perbedaan ini didasarkan pada teksturnya.

fungsi lain dari balkon

Sumber : rumahoscarliving

Contohnya dinding yang bertekstur batuan, pasti akan membutuhkan pelapis dinding sebelum beranjak ke proses pengecatan.

tips dan trik mengecat fasad rumah

Sumber : economy.okezone

Dan penting juga untuk diperhatikan, untuk para Sobat Rooang yang akan mengecat dinding fasad rumah!! Jangan pernah mengecatnya selagi permukaan masih dalam keadaan basah. Karena permukaan dinding harus benar-benar dalam keadaan kering sebelum mulai mengecat.

Jangan lakukan proses pengecatan fasad rumah saat musim hujan

Musim hujan biasanya mengakibatkan permukaan dinding luar menjadi basah dan lembab. Sehingga akan mengurangi kualitas cat untuk terserap secara sempurna. Apalagi di musim hujan biasanya cuaca cenderung mendung, sehingga sinar matahari yang sangat berperan penting dalam proses pengeringan tidak akan dapat mengeringkan cat secara maksimal.

fungsi lain dari balkon

Sumber : Sharper Impressions Painting

Jadi lebih baik, untuk melakukan pengecatan fasad rumah di musim kemarau.

Baca juga : Memasuki Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Pilih kualitas produk cat yang terbaik

Selain itu, pemilihan jenis cat dinding untuk bagian luar dan dalam mungkin saja berbeda.  Karena bagian luar dinding diharuskan untuk lebih tahan dari perubahan iklim serta cuaca. Sehingga, memilih cat yang tahan akan perubahan cuaca sangat direkomendasikan untuk bagian luar rumah.

fungsi lain dari balkon

Sumber : Taka Paint

Baca juga : Cara Mudah Mengecat Rumah Tanpa Tukang

tips dan trik mengecat fasad rumah

Sumber : Taka Paint

Untuk pemilihan jenis atau merk cat yang tepat dan weatherproof, maka Sobat bisa menggunakan cat khusus eksterior dari Taka Paints Armor yang merupakan cat eksterior premium yang dapat melindungi dinding dari berbagai perubahan cuaca ekstrim di Indonesia. Dengan beragam pilihan warna yang pastinya bisa membuat tampilan fasad rumah terlihat menarik!